Jakarta - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Sitti Rohmi Djalilah yakin pariwisata Lombok segera bangun dan menjadi salah satu destinasi tujuan wisatawan dunia. Saat ini Kementerian Pariwisata melalui merk Wonderful Indonesia sedang meramaikan event Arabian Travel Market (ATM) Dubai 2019 dan mempromosikan pariwisata Lombok.
"Posisi Lombok sebagai destinasi halal dunia menimbulkan ATM sebagai ajang bisnis pariwisata halal. Kami hadir di sini sekaligus untuk menyemangati perwakilan industri pariwisata NTB yang turut meramaikan ATM 2019. Setelah ini, kami berharap kunjungan wisman ke Lombok dan Sumbawa semakin meningkat," ujar Sitti, dalam keterangan tertulis, Selasa (30/4/2019).
"Tentunya dengan sumbangan promosi dan konektivitas. Terima kasih Kemenpar yang selalu menjadi terdepan dalam mempromosikan tanah air," imbuhnya.
Pada kesempatan yang sama, Kadispar NTB Lalu M. Faozal mengucapkan terima kasih kepada Wagub NTB dan Kemenpar yang terus mempromosikan Lombok-Sumbawa ke seluruh dunia, salah satunya di Timur Tengah.
"Promosi menjadi salah satu kunci sukses industri pariwisata. Semoga Lombok-Sumbawa terus semakin mendunia," tegasnya.
Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya mengatakan, NTB ialah salah satu tempat yang dipromosikan Indonesia pada ATM 2019. Ada 85 industri yang ditawarkan pada pengunjung. Terdiri dari Tour Operator, Hotelier, serta Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Aceh, dan tentu saja NTB.
Selain distribusi materi promosi, rangkaian acara ATM mencakup pameran, dan business meeting (B to B dan B to C). Business meeting akan berlangsung selama 4 hari berturut-turut. Dengan komposisi 3 hari pertama trade show (sellers meet buyers) dan 1 hari terakhir consumer show.
"Untuk memaksimalkan kegiatan, Kemenpar juga menyediakan counter informasi guna memperkenalkan pengembangan destinasi prioritas. Kemudian untuk menarik minat para pengunjung pekan raya sekaligus mempromosikan keragaman jenis kopi, herbal, dan batik nusantara, akan disediakan layanan kopi, mixiologist, dan body painting (batik henna) secara gratis," ungkapnya.
Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Regional III Kemenpar Sigit Wicaksono menambahkan, selama ATM Dubai berlangsung, Indonesia akan menyuguhkan tarian tradisional, Jember Fashion Carnival, serta live musik. Kemenpar bekerja sama dengan KBRI Abu Dhabi, KBRI Amman, dan Konjen Dubai secara terpadu akan melakukan acara pre dan post event.
"Kemenpar juga akan memberi sumbangan pada Tour Operator Business Meeting (TOBM) pada ketika Gala Dinner bertema 'Lombok Night' tanggal 29 April 2019 di Ritz Carlton, Dubai," ujarnya.
Menurutnya, ATM 2019 ialah event besar yang diikuti oleh lebih dari 3.285 eksibitor dari 141 negara, dan diperkirakan mencapai lebih dari 120 ribu pengunjung. Pada pelaksanaannya, Paviliun Indonesia menempati lahan seluas 496 meter persegi (double decker) di Asia Region Sheikh Saeed Hall 3, No AS 2550
Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, partisipasi Indonesia dilakukan dalam rangka mencapai sasaran kunjungan 20 juta wisman tahun 2019. Terutama sasaran 120 ribu wisman dari pasar Timur Tengah. ATM sendiri sudah digelar selama 27 kali. Sepanjang perhelatannya, Indonesia sudah berpartisipasi sebanyak 18 kali.
"Pada tahun 2018, ATM Dubai diikuti oleh 75 industri dengan perolehan hasil transaksi mencapai Rp 1,13 triliun. Dari situ, kita dapat melihat seberapa besar efektivitas acara tersebut. Karenanya, kita terus mengikutinya demi menjual Wonderful Indonesia ke pasar Timur Tengah," tegasnya. Sumber detik.com
Posting Komentar