Kemenpar Gencar Promosi Wisata Ri Di Arabian Travel Market

Foto: Dok Kemenpar

Jakarta - Arabian Travel Market (ATM) kembali digelar yang dipusatkan di Dubai International Convention and Exhibition Center, Dubai, Uni Emirat Arab. Sebagai salah satu partisipan, Kementerian Pariwisata benar-benar tampil all out dengan bermacam-macam bentuk promosi untuk menarik minat pengunjung.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, partisipasi Indonesia dilakukan dalam rangka mencapai sasaran kunjungan 20 juta wisman tahun 2019, khususnya 120 ribu sasaran dari pasar Timur Tengah. ATM sendiri sudah digelar selama 27 kali, dan sepanjang perhelatannya, Indonesia sudah berpartisipasi sebanyak 18 kali.

"Pada tahun 2018, ATM Dubai diikuti oleh 75 industri dengan perolehan hasil transaksi mencapai Rp1,13 triliun. Dari situ, kita dapat melihat seberapa besar efektivitas aktivitas tersebut. Karenanya, kita terus mengikutinya demi menjual Wonderful Indonesia ke pasar Timur Tengah," ungkap Arief dalam keterangan tertulis, Minggu (28/4/2019).


Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya menyampaikan promosi merupakan bab dari seni administrasi marketing yang harus dilakukan. Dalam hal ini, Kemenpar melakukannya dalam banyak sekali bentuk, antara lain publikasi di majalah, pembuatan banner, penempelan logo Wonderful Indonesia pada pintu masuk lokasi kegiatan, termasuk pada tiang-tiang gedung, dan lain-lain.

"Kita sebar Wonderful Indonesia di banyak tempat, semoga tertanam di pikiran pengunjung dan menjadikan rasa penasaran. Sehingga, jadinya mereka mencari tahu dan mengunjungi Paviliun Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, Kemenpar juga akan menyebar display bahan-bahan promosi cetak dan film pariwisata. Termasuk di antaranya booklet welcome to Indonesia, booklet wisata halal, leaflet bahasa Arab, tourist map, pemberian goody bag, DVD (bahasa Inggris dan Arab), suvenir umum, suvenir ekslusif, serta kalender kegiatan.

Menurutnya, Paviliun Indonesia memakai perpaduan corak atau unsur klasik dan modern. Serta mengangkat tema kapal Phinisi dan arsitektur tradisional Lombok. Adapun materi atau materi promosinya, antara lain menampilkan keindahan Raja Ampat, Danau Toba, keindahan alam Bali, Gunung Bromo, dan lain-lain yang dikemas semenarik mungkin semoga siapapun yang melihatnya menjadi terkesan dengan Indonesia.

ATM 2019 yakni event besar yang dilaksanakan mulai 28 April hingga 1 Mei 2019 dan diikuti oleh lebih dari 3.285 eksibitor dari 141 negara, bahkan diperkirakan mencapai lebih dari 120.000 pengunjung. Pada pelaksanaannya, Paviliun Indonesia menempati lahan seluas 496 sqm2 (double decker) di Asia Region Sheikh Saeed Hall 3, No AS 2550.

"ATM Dubai akan diikuti oleh 85 industri. Terdiri dari Tour Operator, Hotelier, serta Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, NTB dan Aceh. Bahkan, Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah dijadwalkan hadir pada aktivitas tersebut, tanggal 29 April nanti," ujarnya.

Selain distribusi materi promosi, rangkaian aktivitas ATM mencakup pameran, dan business meeting (B to B dan B to C) yang akan berlangsung selama 4 hari berturut-turut. Dengan komposisi 3 hari pertama trade show (sellers meet buyers) dan 1 hari terakhir consumer show.

Untuk memaksimalkan aktivitas tersebut, lanjut Nia, Kemenpar juga menyediakan counter informasi guna memperkenalkan pengembangan destinasi prioritas. Kemudian untuk menarik minat para pengunjung pekan raya sekaligus mempromosikan keragaman jenis kopi, herbal, dan batik nusantara, akan disediakan layanan kopi, mixiologist, dan body painting (batik henna) secara gratis.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Regional III Kementerian Pariwisata Sigit Wicaksono menambahkan, untuk memeriahkan program selama ATM Dubai berlangsung, Indonesia akan menyuguhkan tarian tradisional, Jember Fashion Carnival, serta live musik. Demi mengoptimalkan hasil aktivitas promosi di wilayah Timur Tengah, Kemenpar bekerja sama dengan KBRI Abu Dhabi, KJRI Dubai dan KBRI Amman secara terpadu akan melaksanakan aktivitas pre dan post event.


Kemenpar juga akan memberi tunjangan pada Tour Operator Business Meeting (TOBM) pada ketika Gala Dinner bertema 'Lombok Night' tanggal 29 April 2019 di Ritz Carlton, Dubai. Sebanyak 15 industri Indonesia akan hadir dan melaksanakan pertemuan bisnis (table top) dengan sekitar 85 industri dari negara tempat Timur Tengah yaitu UAE, Oman, Kuwait dan Mesir.

"Gala Dinner 'Lombok Night' diawali dengan pemutaran video Wonderful Indonesia, dilanjutkan dengan rangkaian ceremonial dan pertunjukan Tari Zapin Malenggo oleh penari NTB, serta Tari Jawara Juwane asal Jakarta. Kegiatan fashion show yang memamerkan koleksi pakaian tradisional NTB serta pekan raya produk kerajinan di bawah binaan Dekranasda NTB juga ikut memeriahkan Gala Diner tersebut," terangnya.

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Ads1
Ads2